TENTANG GITAR

Sejarah Gitar

Gitar klasik adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian terbuat dari logam yang memiliki enam senar untuk di mainkan.

TENTANG TAB  FUNGSI TAB  TENTANG GITAR BASS  TENTANG PIANO  TENTANG DRUM  TENTANG TEKNIK

Mengenai asal mula gitar hingga saat ini banyak sekali versi dimana gitar ditemukan pertama kali. Kondsinya memang replika gitar modern di temukan dihampir seluruh penjuru dunia dengan bentuk dan jumlah senar yang berbeda beda. Misalnya di Yunani ditemukan vas – vas kuno yang bercorak alat musik sejenis gitar. Lalu di Babilonia para arkeolog menemukan instrumen dan benda benda yang berhubungan dengan gitar, diantaranya adalah Plaques yangE

Gitar di Indonesia

Gitar pertama kali masuk ke Indonesia sekitar abad ke-17 dibawa oleh orang orang Portugis. Pa terbuat dari tanah liat (1900-1800 SM). Dalam gambar itu, diperlihatkan sosok sosok bugil yang sedang memainkan instrumen musik. Beberapa instrumen tersebut memiliki persamaan umun dengan gitar modern.

Ada 3 jenis gitar yang dimainkan para tawanan saat itu, yaitu :

1.Gitar Monica, yang terdiri dari 3 dawai

2.Gitar Rorenga, yang terdiri dari 4 dawai

3.Gitar Jitera, yang terdiri dari 5 dawai.

Dua abad kemudian gitar dan keroncong menjadi populer di kalangan bangsawan dan kemudian menyebar ke pelosok tanah air.

Pengertian gitar

Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar). Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar.Gitar bisa berupa gitar akustik atau listrik, atau gabungan keduanya.

Pengertian gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini

kayu badan gitar. Jenis kayu akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.

Pengertian gitar listrik (elektrik) adalah gabungan komponen gitar itu sendiri dan bantuan berupa mic buat gitar /atau sering disebut pick up,yang di hubungkan dengan peralatan listrik lainnya seperti efek gitar untuk merubah jenis2 suara gitar itu sendiri dan biasanya menggunakan speker besar atau amplifier untuk menaikan volume dari suara gitar itu sendiri.

Menyelaraskan Nada Gitar

1. Senar Gitar

Pada Gitar Modern terdapat 6 senar. Untuk bisa menghasilkan suara yang indah dan sesuai kita harus melakukan stem gitar. Tapi sebelumnya kita harus mengenal urutan dan nada yang dikeluarkan dari setiap senar.

Senar Pertama atau paling bawah. Senar ini sering disebut senar E karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada E.

Senar Kedua atau kedua dari bawah. Senar ini sering disebut senar B karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada B.

Senar Ketiga atau ketiga dari bawah. Senar ini sering disebut senar G karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada G.

Senar Keempat atau keempat dari bawah. Senar ini sering disebut senar D karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada D.Senar Kelima atau kelima dari bawah. Senar ini sering disebut senar A karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada A.

Senar Keenam atau paling Atas. Senar ini sering disebut senar E karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada E (sama seperti senar pertama).

2. Stem Gitar.

Menyetem gitar atau menyelaraskan nada pada senar bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya:

1. Menyetem dengan Piano.

2 Menyetem dengan Garfu tala.

3. Menyetem dengan Feeling atau perasaan.

Cara yang ketiga yang akan kita bahas adalah cara yang paling umum dilakukan.

Tahap tahap stem dengan Feeling:


Deskripsi gitar melodi :
gitar yg dipetik dng bantuan listrik sesuai dng melodinya


   Belajar bermain gitar awalnya memang sulit dan terkadang membuat stres orang yang mempelajarinya. Untuk belajar bass sebaiknya belajar gitar terlebih dahulu, karena orang yang dapat bermain gitar otomatis bisa bermain bass, namun jika loe bisa bermain bass belum tentu bisa bermain gitar

Jika ingin bermain gitar sobat, harus siap merasa sakit pada ujung jari kiri sobat, karena jari tersebut digunakan untuk menekan senar untuk membuat formasi kunci gitar. Terkadang harus membuat ujung jari sobat menjadi kapalan baik jari di tangan kiri maupun kanan. Bukankah untuk mendapatkan sesuatu sobat memang harus mengorbankan sesuatu, itu adalah hukum kimia dan ekonomi yang wajar dan normal.

Jika sobat berencana untuk kursus, sebaiknya sobat jangan ikut kursus sebelum menguasai tehnik dasar tempo lagu, kunci dasar gitar dan “chord wipe” pada gitar.

Jika sobat belum menguasai hal itu sobat hanya akan memperlama masa kursus dan tetunya akan menghabiskan uang. Untuk menghemat biaya loe bisa belajar pada teman, saudara atau yang loe kenal baik dan bisa bermain gitar. Jika tidak ada yang bisa bermain gitar maka sobat harus belajar otodidak alias belajar sendiri.

Nah, berikut tips yang diperlukan untuk belajar gitar dasar sendirian :
- Gitar apa saja boleh kopong dan boleh listrik.
- Buku atau majalah lagu-lagu yang ada kunci gitarnya beserta petunjuk kunci gitar.
- Kaset, CD atau MP3 lagu yang ada di buku lagu.
- Kemampuan stem atau menyetem gitar Untuk memulai latihan loe harus menyetem gitar terlebih dahulu agar suara 6 senar gitar bisa harmonis dan tepat. Jika tidak di stem maka sobat tidak akan bisa belajar, karena suaranya tidak mungkin pas.

Untuk stem gitar mungkin bisa minta tolong orang lain atau stem sendiri dengan insting, dengan mencari buku panduan bermain gitar di toko buku. Jika loe ingin mencoba stem gitar sendiri, maka caranya adalah dengan menyamakan fret ke 5 suatu senar dengan satu senar setingkat di bawahnya pada fret 0. Kecuali pada senar ketiga dari bawah yang harus distem pada fret ke 4 dengan fret 0 di senar kedua dari bawah.

Loe harus menggunakan feeling, apakah suara suatu fret dengan fret di bawahnya sudah sama suaranya. Jika tidak sama putar-putar pengendali tegangan senar pada ujung gitar sampai pas. Jika sudah OK, maka selanjutnya loe tinggal mencoba genjreng pada kunci standar sampai jari-jari loe terbiasa dengan posisi masing-masing kunci.
Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan tempo yang sesuai dengan aslinya sebisa mungkin berdasarkan feeling sobat. Jika sudah bisa, maka sobt bisa mencoba bermain bareng dengan suara kaset atau lagu yang sebenarnya.

Namun syaratnya adalah steman pada gitar sobat haruslah sesuai dengan steman yang ada di kaset dan kunci lagu yang ada di buku atau majalah, Jika loe sudah agak lancar…Nah, baru deh melanjutkan ke kursus atau belajar hal-hal lainnya dari buku maupun kenalan sobat